MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK MENANAM

BERKEBUN DIRUMAH


Kawan. Coba tengok tanah kebun disekitar kita banyak yang tidak dipelihara dengan baik yah?....sayang sekali. Padahal kalau ditanami dengan baik akan menghasilkan pangan bagi kita sendiri. Abaikan dulu lah bermimpi untuk bisnis.

Tetapi kawan memandangi kebun orang lain tidak asik kawan Apalagi kita tidak punya kebun sendiri ,pasti kita jadi hilang selera. Tetapi pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma, hhehehehe ayo kawan awali dengan Bismillah...lanjutkan dengan niat.

Kuatkan tekad dan semangat. Coba menanam apa yang mampu. Seandainya belum memiliki kebun, awali menanam dihalaman rumah. Bila halaman sempit, coba dengan teknik pot, gunakan wadah apa saja sebagai media potnya.

        Setiap hari kawan pasti istri kita belanja sayur mayur ke pasar atau ditawari langsung ke rumah sama bibi penjual sayuraan gendong. Seneng sekali yah belanja langsung dirumah, bolehlah berbagi rejeki tak mengapa. Tetapi tunggu dulu kawan! apakah itu akan selamanya seperti itu ?. Janganlah kawan kadang kondisi keuangan kita tidak stabil . Mulai dari sekarang dengan niat mari kita menanam. Tidak punya lahan kebun manfaatkan lahan pekarangan rumah. Tanam apa saja yang sekiranya bisa membantu pangan kita walapun tidak banyak.




        Ternyata kita sejak lama tidak menyadari akan lingkungan sekitar rumah kita. Halaman rumah dibiarkan terbengkalai begitu saja,hanya ditumbuhi rumput liar yah?. Makanya ayo ditanami gunakan pot atau polibag seadanya dulu, manfaatkan plastik bekas untuk mengurangi limbah sampah plastik atau wadah wadah plastik yang tidak terpakai. Untuk komposisi media tanamnnya banyak reperensi di internet tinggal kita searching aja. Yang jelas dengan menanam dan memanfaatkan fasilitas yang ada rumah kita asri, sayauran sehat organik, uang dapur terminimalisir, cukup terpenuhi pangan sayuran dari kebun sendiri.

Dicoba lebih baik daripada tidak sama sekali


SALAM LITERASI
ASIKIN WIDI JATNIKA
@BLOGGER KAMPUNG 2020

2 Responses to "MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK MENANAM"

  1. Kin insya Allah Pami tos gaduh bumi nyalira mah, asana rajin pa kana memelihara tanaman depan rumah 😀😀😀

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel